Dihadiri Camat Sulta, Pemdes Talaitad Laksanakan Pergantian Dan Rolling Prades

Daerah, Info Desa, Minsel64 Dilihat

BHARINDOSULUT.COM, Minsel – Desa Talaitad kecamatan Sulta kabupaten Minahasa Selatan kini memiliki perangkat desa yang siap untuk membantu masyarakat dalam rangka menciptakan pelayanan publik yang baik. Terpantau pada kemarin hari, pemerintah desa setempat melaksanakan pergantian perangkat desa yang dirangkai dengan pelantikan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum desa Talaitad (09/11/2021).

Kegiatan ini diawali dengan Ibadah Doa yang dipimpin oleh Kaur Perencanaan hal ini Fany Sinaulan, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kegiatan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Hukumtua Desa Talaitad, Kecamatan Sulta, No.10 tahun 2021, tentang pengangkatan Perangkat Desa Talaitad.

Dalam pengambilan Sumpah Janji tersebut dilakukan oleh Pejabat Hukum Tua Joike J Ngajou kepada Perangkat Desa terlantik sekaligus membacakan Naskah Pelantikan. Usai diambil sumpah janji, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara, secara berturut-turut dimulai dari para Saksi, Toko Agama, Toko Masyarakat, serta Hukumtua, dan langsung penyerahan SK.

Acara yang dihadiri oleh Camat Sulta, dalam sambutannya Drs.Tonie FD Lantang sebagai kepala wilayah kecamatan mengatakan, bagi Perangkat Desa yang sudah dilantik kiranya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Perangkat Desa yang telah dilantik boleh menjadi Perangkat Desa yang profesional, dalam mengemban tugas dan tanggung jawab,” Kata Camat Tonie Lantang.

Beliau menambahkan, Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) ketika baru diantik Camat Tonie mengajak agar mulai saat ini tentu sudah boleh melaksanakan tugas tanggungjawabnya sebagai Pengurus BUMDES.

“Mari berinovasi melakukan tugas yang diembankan, kembangkan usaha tentu harus mental yang baik, bagus, jujur, dalam melaksanakan tanggung jawab ini agar supaya BUMDES ini pada akhirnya akan berkembang saat dikelolah dengan cara profesional, sehingga Bumdes bisa mendatangkan PAD bagi Desa dan boleh mempekerjakan SDM yang berasal dari Desa Talaitad,” ucap Tonie Lantang.

Sementara Pjs.Hujumtua Joike J Ngajow menjelaskan kepada perangkat yang baru dilantik untuk tetap disiplin, dan kedepankan tugas tanggung jawab.

“Banyak hal yang akan dilaksanan, maka dari itu saya mengajak mari bersama-sama bergandengan tangan untuk melaksanakannya,” Ungkap Kumtua Ngajow.

Untuk pengurus BUMDES Kumtua Joike Ngajou berharap untuk menghidupkan BUMDES menjadi satu usaha PAD bagi Desa.

“Badan Usaha Milik Desa ini menjadi bagian Bapak Ibu untuk mensukseskan program Pemerintah lebih kusus Kabupaten yang mewujudkan Minsel Maju Berkepribadian dan Sejahterah. Dikatakan Ngajou, kalau tidak ada inovasi untuk dikembangkan tentu tidak berjalan baik. Dengan harapan BUMDES ini akan tetap ada tetap jaya, menjadi kebanggan kita semua,” tutup Kumtua Joike Ngajou.

Terpantau kegiatan ini berlangsung tetap menggunakan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yaitu Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, serta Pakai Masker.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah, BPD, LPM, Toko Agama, Toko Masyarakat, Calon terlantik, Pengurus Bumdes lama, Perangkat Desa, serta undangan lainnya.

Berikut nama-nama Perangkat Desa Talaitad yang dilantik.

1. Diane Norma Kadjiman,S.Pdk, Jabatan Lama sebagai Kepala Seksi Kesejahteraan, Jabatan Baru sebagai Kepala Seksi Pemerintahan Desa Talaitad.
2. Yunita Norma Anneke Assa, Jabatan Lama sebagai Kepala Seksi Pelayanan, Jabatan Baru Sebagai Kepala Seksi Kesejahteraan Desa Talaitad.
3. Valente J Weol, Jabatan Lama sebagai Kepala Jaga Dua, Jabatan Baru sebagai Kepala Seksi Pelayanan Desa Talaitad.
4. Evans Sorongan, sebagai Kepala Jaga Dua Desa Talaitad.
5. Jelly Voisye Lantang, sebagai Staf Desa Talaitad. (Britmi Tampi)

Komentar