DK-5 PPRA LXVI Lemhannas RI, Ronald Lumbuun Paparkan KKA Implementasi Sismennas dalam Mengelola Pemerintahan di IKN

Kemenkumham, Sulut6774 Dilihat

Bharindosulut.com – Jakarta – Bidang Studi Sistem Manajemen Nasional (Sismennas) menjadi topik bahasan Diskusi Kelompok (DK)-5 yang diselenggarakan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVI Lemhannas RI kali ini. Rabu (24/04/2024)

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara Ronald Lumbuun memaparkan Kertas Karya Acuannya yang berjudul “Implementasi Sismennas dalam mengelola pemerintahan di Ibu Kota Nusantara (IKN).”

“Implementasi Sismennas dalam tata kelola pemerintahan tidak hanya mengenai pengamanan infrastruktur teknologi informasi, tetapi juga tentang kebijakan, prosedur, dan kesadaran akan keamanan informasi,” terang Ronald.

Dalam diskusi yang berlangsung di ruang I Gusti Ngurah Rai Gedung Asta Gatra Lemhannas RI ini, Ronald Lumbuun juga memaparkan berbagai tantangan dan strategi dalam mengaplikasikan Sismennas guna peningkatan efektivitas tata kelola pemerintahan di IKN.

Selanjutnya Lumbuun juga menyampaikan bahwa tantangan utama dalam mengimplementasikan Sismennas di IKN adalah kompleksitas sebagai pusat administrasi dan pusat kegiatan nasional. Selain itu, Lumbuun juga menyoroti pentingnya kerjasama lintas sektoral dalam pengelolaan dan pengamanan informasi.

Pelaksanaan Diskusi Kelompok ini didampingi oleh Mayor Jenderal TNI (Pur) Sugeng Santoso sebagai tutor. Setelah pelaksanaan DK-5 ini, maka seluruh peserta akan melanjutkan diskusi lanjutan, yakni: DAK (Diskusi Antar Kelompok) yang akan memaparkan produk Kertas Karya Kelompok (KKK) nya masing-masing. (*/chris)

Komentar