Genap Setahun Pemerintahan, Ini Beberapa Torehan Wiau Lapi dibawah Ferry Kumendong

Daerah, Info Desa, Minsel1184 Dilihat

Bharindosulut.com, Minsel – Hari ini Jumat 3 November 2023 menjadi momentum bersejarah desa Wiau Lapi kecamatan Tareran kabupaten Minahasa Selatan khususnya bagi Hukum Tua Ferry Kumendong.

Pasalnya tepat pada Kamis (03/11/2022) setahun yang lalu, Pak Kume (sapaan akrab beliau) dilantik oleh Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH yang didampingi wakil bupati Pdt Petra Yani Rembang dihadiri juga oleh gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey serta telah secara resmi melaksanakan serahterima jabatan dengan pejabat hukum tua yang lama Christian Karamoy SE pada hari Jumat (04/11/2022) yang digelar di Balai Pertemuan Umum desa Lansot.

Dalam membangun desa tersebut, Ferry Kumendong selaku hukum tua definitif yang dipilih langsung oleh masyarakat telah mencatat beberapa prestasi baik ditingkat kecamatan, kabupaten, provinsi Sulawesi Utara serta bahkan tingkat Nasional.

Kunjungan KPK RI dalam rangka penetapan desa Anti korupsi

Berikut beberapa prestasi yang ditorehkan hukum tua Ferry Kumendong selama satu tahun kepemimpinan.

November Tahun 2022 mendapat Piagam Penghargaan Lomba Desa dari Menteri Dalam Negeri sebagai Juara Pertama Tingkat Provinsi. Piagam Penghargaan Sebagai Desa Wisata Dari Menteri Pariwisata. 2023

Piagam Penghargaan Dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Juara 1 Tingkat Kabupaten/Propinsi Lomba Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas

Pemerintah dan Masyarakat Desa Wiau Lapi bersama kelompok kerja (POKJA) terus melakukan kerja sama dan berinovasi dalam mengembangkan potensi yang ada di Desa. Diantaranya, desa Wisata, desa Iklim, desa digitalisasi, desa Percontohan Anti Korupsi, desa Anak Sehat.

Februari 2023, predikat sebagai Desa Wisata Indonesia dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hadiahnya berupa piagam penghargaan sebagai Desa Wisata Binaan Kemenparekraf RI Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Piagam penghargaan tersebut ditandatangani langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

Minggu 27 Agustus 2023 bertempat di Ruangan Publik Terbuka (RTP) Amurang menerima penghargaan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas Terbaik I tingkat Provinsi Sulawesi Utara. Penghargaan ini di terima oleh Pemerintah Desa dalam hal ini Hukum Tua Ferry Kumendong atas keikut sertaan Desa Wiau Lapi dalam kegiatan Lomba Desa kampung KB.

Dibantu warga setempat, pemerintah desa Wiau Lapi juga berhasil melakukan beberapa perbaikan akses jalan utama serta jalur transportasi menuju ke akses perkebunan dan lokasi wisata Air terjun kulung – kulung. Pertama dalam sejarah desa Wiau Lapi, Ferry Kumendong merealisasikan program santunan duka dari pemerintah desa juga membiayai warga untuk ikut program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepada wartawan, hukum tua Ferry Kumendong mengucapkan syukur kepada Tuhan atas anugerah penyerahan dalam meneruskan tonggak sejarah desa Wiau Lapi untuk lebih hebat kedepannya.

Penghargaan desa wisata

“Apapun yang kami capai sampai saat ini, tidak lepas dari torehan yang diraih oleh beberapa hukum tua sebelumnya”, jelas Kume.

Bersama dengan Pemerintah Kecamatan Tareran demi mensukseskan Percontohan Desa Anti Korupsi rencana akan diikuti pada 9 November 2023, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Desa Anti Korupsi, telah membagi tim dalam melaksanakan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Desa Anti Korupsi.

Camat Tareran bersama sekretaris kecamatan Christian Karamoy SE, melibatkan semua unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Tareran untuk suksesnya kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan sosialisasi ditengah-tengah masyarakat sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan akan berlangsung sampai pada tanggal 8 November 2023.

(Britmi)

 

Komentar