JGKWL Resmi Rombak Kabinet

HEADLINES, Minut75 Dilihat

BHARINDOSULUT.COM,Minut -Bupati Joune JE Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung SH MH, (jGKWL) akhirnya melakukan reposisi, rotasi mutasi dan promosi Jabatan Pimpinan Tinggi, Administrator dan Pengawas serta fungsional, di lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) di Pendopo Pemkab Selasa ( 07/09/2021).

Rotasi dan promosi jabatan eselon II, eselon III dan IV dilakukan, karena telah memenuhi syarat formil, yakni sudah melebihi 6 bulan setelah pelantikan pada 26 Februari 2021 lalu.

Kata lain, pelantikan tersebut sudah memenuhi kriteria yuridis sebagai mana amanat konstitusi dalam Pasal 162 ayat 3 UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada).

Dalam Pasal 162 ayat 3 UU Pilkada dinyatakan, gubernur, bupati, atau wali kota yang akan melakukan pergantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah provinsi atau kabupaten atau kota dalam jangka waktu 6 bulan terhitung sejak tanggal pelantikan, harus mendapat
persetujuan tertulis Mendagri.

Artinya, Gubernur, Bupati, atau Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota, dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak tanggal pelantikan. Bisa, asalkan ada ijin Mendagri.

Hal itu perlu dilakukan, demi kesinambungan serta penjaminan pengembangan karier Aparatur Sipil Negara (ASN) di masing-masing daerah.

Lolos ranjau aturan tersebut, JGKWL kini sudah leluasa melakukan rotasi, mutasi dan promosi jabatan. 50 -an pejabat di rotasi, mutasi dan dipromosi,

Walaupun diwarnai pemadaman aliran listrik di perkantoran kantor bupati saat dimulainya pembacaan Surat Keputusan Bupati Minut oleh Kepala BKPP Styvi Watupongoh SIP, tapi pelantikan dan pengambilan sumpah janji tetap dilaksanakan sampai selesai, dengan bantuan tenaga genset.

4 Jabatan Pimpinan Tinggi yang dilantik oleh Joune Ganda yakni, dr Stela Safitri Kadis Kesehatan, Edwin Ombuh S.Sos MSi Kadis Tenaga Kerja, Drs Marthen Sumampouw Kadis Lingkungan Hidup dan Donald Tintingon SSTP Kadis Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman.

Nah, ada juga jabatan camat yang dilantik. Mereka adalah,
Asriyadi Lalompoh SSTP MM Camat Kalawat, Rocky Tangkulung Camat Airmadidi, Endru Palandung Camat Wori, Alexander Warbung Camat Talawaan, Daniel Kumenaung Camat Kema dan David Talumantak Likupang Selatan.

Selanjutnya, Karla Neta Sigarlaki SSTP Sekretaris Dinas Keuangan, Vicky Luntungan SSTP Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Steven Tuwaidan Sekretaris Inspektorat, Masye Mekel Sekretaris Kecamatan Kema, Herman Mengko SIP Kabag Organisasi.Kemudian Linda Pangau Sekretaris Kominfo, Denny Mandey Kabag Perekonomian, Hendirk Rondonuwu Sekretaris Dinas Pehubungan dan Christian Katuuk Kabid Perbendaharaan Dinas Keuangan.

Bupati Joune JE Ganda SE mengatakan, pejabat yang dilantik diharapkan bekerja dengan baik, dan tunjukan kinerja sesuai tugas pokok.

Kalau ada yang tahu kerja dan tidak mau kerja, jabatan tersebut akan diberikan kepada orang lain, yang mau bekerja untuk masyarakat,” tegas Ganda

Tugas lain juga, kata bupati adalah, penanganan akan Covid 19. Koordinasi, komunikasi dan implementasi harus diwujudkan, untuk memutus rantai Covid 19.
“Ayo kita bekerja bersama-sama, dan sama-sama bekerja ” tukas Ganda.(*/jemmy)

BACA JUGA

BACA JUGA

Komentar