Kapolsek Tareran Jadi Pembawa Materi Pada Pelatihan Kepemudaan Desa Talaitad

Daerah, Minsel105 Dilihat

Bharindosulut.com, Minsel – Pemuda tidak saja sebagai generasi penerus pembangunan bangsa. Tetapi, sangat berperan dan bertanggungjawab untuk ikut memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Ungkapan itu disampaikan Kapolsek Tareran Iptu Johanes Montolalu dalam giat Pelatihan Kepemudaan Tingkat Desa yang berlokasi di Balai desa Talaitad kecamatan Suluun Tareran kabupaten Minahasa Selatan pada Jumat, (24/11/2023).

Menurut Montolalu, pemuda selaku generasi penerus bangsa harus mampu membangun serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan kehidupan berbangsa.

Terpenting lagi tegasnya, para pemuda jangan mudah terpengaruh oleh hasutan atau terprovokasi atas isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, peranan pemuda dalam mewujudkan kondusifitas kamtibmas sangat besar. Tujuan kamtibmas tidak akan tercapai tanpa adanya dukungan serta keterlibatan pemuda.

Tambah Kapolsek, upaya menjaga kamtibmas merupakan tugas yang harus dikerjakan secara bersama-sama antara pihak keamanan, pemerintah, elemen masyarakat dan seluruh warga.

“Keamanan dan ketertiban masyarakat akan dapat terwujud apabila adanya sinergitas antara personil kepolisian dengan seluruh lapisan masyarakat, ujarnya. Untuk itu kepolisian perlu menjalin kemitraan dengan elemen masyarakat salah satunya pemuda”, tuturnya.

Dikatakannya, melalui kegiatan sambang ini ia juga dapat menyerap informasi seputar perkembangan dan dinamika situasi kamtibmas di tengah masyarakat. Dan, lewat giat sambang ini pula akan dapat menyatukan persepsi antara Polri dan masyarakat dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif, tukasnya.

Turut hadir para pembawa materi Kapolsek Tareran Iptu Johanes Montolalu, camat Suluun Tareran Drs Tonie Lantang, pejabat hukum tua desa Talaitad Joike Ngajow, para perangkat desa serta perwakilan pemuda yang menjadi peserta pelatihan.

(Britmi)

Komentar