Kajati Sulut Edy Birton Melantik 4 Kajari Di Sulut

Hukrim, Manado, Sulut78 Dilihat

BHARINDOSULUT.COM, Manado -Bertempat di aula Sam Ratulangi Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Edy Birton, S.H., M.H., memimpin pelantikan, pengambilan sumpah jabatan dan serah terima jabatan Asisten Pembinaan pada Kejati Sulut, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud, Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon, Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Utara dan Koordinator pada Kejati Sulut. Senin (14/03/2022)

Demikian Rilis yang disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Edy Birton, SH.MH Melalui Kasi Penkum Kejati Sulut Theodorus Rumampuk, SH.MH.

Adapun pejabat yang dilantik di antaranya Topik Gunawan, SH., MH. menjabat sebagai Asisten Pembinaan pada Kejati Sulut, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Prabumulih menggantikan Ahmad Syahrir Harahap, SH., MH. yang kini menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Aliran Kepercayaan Masyarakat dan Aliran Keagamaan Serta Pencegahan Penyalahgunaan dan Penodaan Agama pada Direktorat Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung di Jakarta.

Bambang Supriyanto, SH., MH. menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan

Talaud di Melonguane, sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah di Palu menggantikan Agustiawan Umar, SH., MH. yang kini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Hulu Sungai Utara di Amuntai.

Elwin Agustian Khahar, SH., MH. menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, sebelumnya Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara di Argamakmur menggantikan Hadyanto, SH. yang kini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Banjarbaru.

Alfonsius Gebhard Loe Mau, SH., M.H. menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Belu di Atambua menggantikan Fien Ering, SH., M.H. yang kini menjabat sebagai Jaksa Fungsional pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung di Jakarta.

Yohanes Priyadi, SH., MH. menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Utara di Airmadidi, sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta menggantikan Fanny Widyastuti, SH., MH yang kini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Pemalang di Pemalang.

Fik Fik Zulrofik, SH., M.H. menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara di Manado, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Produksi Intelijen Ekonomi

Keuangan dan Pengamanan Pembangunan Strategis pada Subdirektorat Produksi Intelijen Direktorat Teknologi Informasi dan Produksi Intelijen Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung di Jakarta, menggantikan Andi Usama Harun, SH., MH yang kini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Luwu di Belopa.

Dalam sambutannya Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara mengatakan bahwa mutasi dan promosi pejabat di lingkungan Kejaksaan R.I merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh pimpinan bertujuan utama untuk penyegaran Sumber Daya Manusia sehingga diharapkan dapat menggerakan kehidupan organisasi, meningkatkan semangat kerja sehingga akan berdampak kepada kualitas pelaksanaan tugas yang lebih baik dari sebelumnya, oleh karena itu pergantian pejabat harus dilihat sebagai suatu peristiwa penting baik ditinjau dari tuntutan perkembangan organisasi yang sehat dan dinamis maupun dari segi pendayahgunaan sumber daya manusia.

Maka dari itu kepada pejabat yang baru dilantik diharapkan cepat menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan kondisi Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara yang sudah memulai membangun dan menggunakan aplikasi berbasis teknologi baik yang telah dirancang oleh Kejaksaan Agung maupun yang dibuat sendiri baik di linkungan Kejati maupun Kejaksaan Negeri se-Sulawesi Utara, segeralah menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas yang baru serta pahami peran tugas pokok dan fungsi serta tanggung jawab saudara, setiap saat adakan koordinasi dengan pejabat terkait dalam pelaksanaan tugas saudara.

Khusus kepada saudara yang saat ini telah mengemban Amanah sebagai Kepala Kejaksaan Negeri, laksanakan tugas, fungsi dan kewenangan saudara secara professional dengan kemampuan menerjemahkan seragam keinginan dan harapan ditengah dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan yang acapkali mengalami perkembangan dan perubahan serta mampu dengan memperhatikan kearifan lokal. Kejernihan Nurani yang menghargai dan menempatkan manusia dan niali-nilai kemanusiaan sebagai keutamaan.

Perlu dipahami penegakan hukum oleh jajaran kejaksaan secara substansial tidak harus semata hanya mengejar kuantitas tetapi juga mesti mengedepankan kualitas secara ideal dan berimbang. Kuantitas dan kualitas pelayanan yang mampu memuliakan harkat dan martabat manusia dengan menjunjung tinggi keadilan, kepastian dan kebenaran yang menemteramkan.

Sekarang ini saudara dan kita semua warga ahyaksa di Sulawesi Utara sedang melaksanakan program reformasi birokrasi yang merupakan salah satu Langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yan gbaik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan professional.

Dengan adanya program reformasi birokrasi diharapkan ke depan akan terwujud good governance dengan tercapainya tingkat kepercayaan masyarakat (public trust). Dalam rangka mengakselerasi pencapaian sasaran hasil tersebut, maka perlu secara konkret dialksanakan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui upaya pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) / wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Kepada pejabat yang baru saya mengucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan kepada saudara dan saya merasa yakin dengan bekal pengalaman yang sudah saudara dapat selama ini, saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik ditempat yang Sekarang.

Saya akan mengingatkan hal sebagai berikut:

1. Saudara topik gunawan, SH., MH. sebagai Asisten Pembinaan saya mengingatkan;

a.Segeralah pahami dan kuasai tugas pokok dan fungsi sebagai Asisten Pembinaan

b.Ciptakan suasana kerja yang harmonis baik jajaran dibawah Asisten Pembinaan maupun ke bidang-bidang lain.

c. Karena bidang pembinaan mengurusi seluruh urusan kepegawaian se-Sulawesi Utara maka laksanakan tugas yang dimaksud dengan baik sesuai ketentuan yang ada.

2. Saudara Elwin Agustian Kharar, SH, MH. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri

Kotamobagu, saudara Bambang Supriyanto, SH., MH, sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud di Melonguane, saudara Alfonsiur Gebhard Loe Mau, SH., MH. sebagai kepala Kejaksaan Negeri Tomohon, saudara Yohanes Priyadi, SH., MH. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Utara saya mengingatkan ;

a. Segeralah pahami dan kuasai tugas pook dan fungsi sebagai Kepala Kejaksaan Negeri

b. Ciptakan suasana kerja yang harmonis dan jadilah pemimpin yang disegani baik oleh anggota saudara maupun oleh pejabat dan semua lapisan masyarakat di wilayah kerja saudara

c. Selesaikan semua pekerjaan yang masih menjadi tunggakan dengan sebaikbaiknya

d. Tingkatkan kreativitas dan ciptakan inovasi dalam upaya pengembangan organisasi menjadi lebih baik dari yang sekarang sudah dibenahi oleh pejabat lama e. Tingkatkan pengawasan melekat sehingga dibawah kepemimpinan saudara tidak ada pegawai baik jaksa maupun tata usaha yang bermain main dengan perkara yang sedang ditangani

3. Saudara Fik Fik Zulrofik, SH., MH sebagai kordinator segeralah menyesuaikan diri, jagalah hubungan baik dilingkungan kejaksaan tinggi, hindari sikap perilaku yang dapat mencemarkan diri sendiri maupun institusi karena tugas-tugas saudara adalah sesuai dengan apa yang diberikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi di semua bidang.

Kepada istri para pejabat yang baru dilantik saya mengingatkan agar ibu-ibu dapat menyesuaikan diri dan aktif dalam organisasi IAD Wilayah Kejati Sulut, dampingi suami masing-masing dalam melaksanakan tugas sebagaimana aturan yang sudah ditetapkan. Kepada saudara akhmad Syahrir Harahap, SH., MH., Andi Usama Harun, SH., MH., Hadyanto, SH., Fani Widyastuti, SH., MH., Agustian Umar, SH., MH., beserta ibu saya atas nama pimpinan maupun keluarga besar Adhyaksa Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas segala bentuk pengabdian dan kerja terbaik yang telah saudara berikan kepada Kejaksaan RI khususnya Kejaksaan Tinggi berikutnya di tempat yang baru akan lebih berhasil lagi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Fredy Runtu, SH., Asisten Pengawasan Fathkuri, S.H., M.H., Asisten Perdata dan TUN Rivo C. M. Madellu, S.H., M.H., Asisten Intelijen Stanley Yos Bukara, S.H., Asisten Tindak Pidana Umum Jeffry Paultje Maukar, S.H., M.H., Asisten Tindak Pidana Khusus Eko Prayitno, S.H., M.H., Kabag TU Reinhard Tololiu, S.H., M.H., dan para Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara.

Kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. *Chris

Komentar