Simulasikan Pengamanan WWF, TNI-Polri Gelar TFG Gabungan

POLRI5405 Dilihat

Bharindosulut.com – Denpasar – Gabungan Satgas TNI-Polri, BSSN dan Basarnas menggelar Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka pengamanan KTT World Water Forum Ke-10, di Gedung Yudomo Prajaraksaka Kepaon Denpasar, Jumat (17/5/2024).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, hadir memimpin pelaksanaan TFG ini.

Turut hadir Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di dampingi para pejabat Mabes TNI dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, didampingi para pejabat Mabes Polri. Seluruh Dansatgas dan para Kasatgas dan pejabat Ops lainnya baik TNI maupun Polri, juga hadir.

Pada kesempatan tersebut Menko Marves menyaksikan TFG yang di peragakan oleh personil, tehknik-tehnik pengamanan tamu VVIP dan VIP peserta WWF, dari masing-masing Dansatgas TNI dan Polri.

Selain pengamanan VVIP dan VIP, Masing-masing Satgas juga memperagakan penyelamatan para delegasi dari ancaman terorisme.

TFG juga memperagakan teknik dan cara bertindak jika terjadi bencana alam yang dapat mengancam keselamatan para tamu VIP maupun VVIP.

Dari keseluruhan peragaan TFG tersebut, Menko Marves menyampaikan TFG ini penting dilaksanakan karena simulasi ini sangat detail menggambarkan penempatan personel di lapangan dan personil menjadi paham mulai lokasi ploting dan tupoksi masing-masing, serta tanggung jawabnya saat bertugas pengamanan WWF dilapangan.

“Namun harus tetap waspada jangan anggap remeh situasi, jaga kekompakan dan koordinasi antar Satgas, selalu cek and ricek agar tau kondisi situasi dilingkungan tugas masing-masing, serta jelas siapa berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa,” tegasnya.

Menko menilai dari pelaksanaan TFG secara umum seluruh aparat keamanan baik TNI maupun Polri, sangat siap dan tidak diragukan lagi dalam pengamanan KTT WWF.

“Selamat bertugas, jaga kesehatan dan kekompakan semoga tuhan selalu melindungi kita semua,” tutup Menko. (*/chris)

Komentar