Tim Itwasum Polri Sambangi Polda Sulut, Ingatkan Personel Jaga Netralitas dan Pengamanan Humanis dalam Pemilu

Manado, Polda Sulut, POLRI8028 Dilihat

Bharindosulut.com – Manado  – Tim Itwasum Polri diketuai Kombes Pol Imam Thobroni melakukan kunjungan ke Polda Sulawesi Utara (Sulut), pada Rabu (6/12/2023). Kunjungan ini dalam rangka pengawasan Operasi Mantap Brata pengamanan Pemilu serentak di wilayah hukum Polda Sulut.

Rangkaian kegiatan diawali dengan apel pengecekan sekaligus memberikan arahan kepada seluruh personel yang ditugaskan dalam Operasi Mantap Brata, di Lapangan Presisi Mapolda Sulut. Turut dihadiri para Kasatgas Operasi Mantap Brata.

Sementara itu Ketua Tim Pengawasan Operasi mengatakan, tugas pengawasan terhadap pelaksanaan operasi kepolisian, termasuk Operasi Mantap Brata, wajib dilakukan.

“Kami dari Itwasum Polri, melaksanakan tugas pengawasan Operasi Mantap Brata di Polda Sulut. Karena dalam setiap pelaksanaan operasi kepolisian itu, harus dilakukan pengawasan. Untuk tingkat Polda, melaksanakan pengawasan kepada Polres jajaran, sedangkan Mabes Polri melakukan pengawasan kepada Polda jajaran,” ujar Kombes Pol Imam, usai memberikan arahan.

Pengawasan, lanjutnya, bertujuan untuk memastikan operasi berjalan dengan baik dan benar sesuai aturan.

“Kami ingin memastikan bahwa Operasi Mantap Brata berjalan dengan benar. Anggaran yang diberikan, kegiatan yang dilaksanakan, harus disiapkan dan dilaporkan semua, sehingga tidak ada kesalahan prosedur,” jelas Kombes Pol Imam.

Pada kesempatan ini, pihaknya kembali mengingatkan seluruh anggota Polri wajib menjunjung tinggi netralitas dalam Pemilu.

“Sesuai instruksi Kapolri melalui STR bahwa, anggota Polri harus netral dalam Pemilu. Kepolisian bertugas mengamankan seluruh rangkaian tahapan Pemilu,” terang Kombes Pol Imam, yang menjabat sebagai Irbidjemen SDM I Itwil V Itwasum Polri.

Selain itu, seluruh personel juga diminta mengedepankan pengamanan secara humanis khususnya dalam pengamanan tahapan Pemilu.

“Kita kedepankan pengamanan secara humanis, juga cara-cara preemtif dan preventif, penegakan hukum itu yang terakhir,” ucap Kombes Pol Imam.

Pihaknya pun meyakini jika Karoops Polda Sulut selaku Karendalops sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait pelaksanaan Operasi Mantap Brata ini dengan sebaik mungkin.

“Sehingga kita harapkan wilayah Sulawesi Utara tetap aman dan kondusif selama tahapan Pemilu berlangsung. Kami juga mohon dukungan dari seluruh masyarakat, para tokoh, dan seluruh pihak untuk bersinergi, bersama-sama menjaga keamanan supaya kondusif,” pungkas Kombes Pol Imam, didampingi Karoops dan beberapa Pejabat Utama Polda Sulut. (*/chris)

Komentar