Wabup Minsel Resmikan Akses Jalan Masuk Objek Wisata Desa Wiau Lapi

Daerah, Minsel65 Dilihat

BHARINDOSULUT.COM, Minsel- Pemerintah kabupaten Minahasa Selatan (Pemkab Minsel) tidak main-main dalam pengembangan perekonomian masyarakat pedesaan. Melalui sektor pariwisata, Bupati Franky Donny Wongkar SH bersama wakil bupati Pdt Petra Yani Rembang berhasil melobi pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) Minahasa untuk membantu masyarakat desa Wiau Lapi dalam pembangunan akses masuk menuju tempat wisata Air Terjun Kulung-kulung.

Acara tersebut dirangkaikan dengan peringatan Hari Listrik Nasional ke 76 tahun yang dihadiri langsung oleh Andreas Arthur sebagai Manajer UPDK Minahasa, Kadis Pariwisata Minsel James Tombokan, Camat Tareran Hizkia Kondoj S.sos, Kapolsek Tareran Iptu Antonius Tumbelaka, Christian Karamoj SE selaku pejabat hukum tua desa Wiau Lapi, Perangkat desa setempat, serta awak media, wakil bupati Pdt Petra Yani Rembang menggunting pita yang menandakan akses jalan sudah di resmikan.

Pihak PLN UPDK Minahasa memperkenalkan bahan dasar pembuatan akses rabat jalan yaitu Fly ash yang merupakan material dengan sifat pozzolanik yang baik. Kandungan fly ash sebagian besar terdiri dari oksida-oksida silika (SiO2), aluminium (Al2O3), besi (Fe2O3), dan kalsium (CaO), serta potasium, sodium, titanium, dan sulfur dalam jumlah sedikit (Nugraha & Antoni, 2007).

“Bahan tersebut sudah melalui beberapa pengujian, dan aman untuk di manfaatkan”, ucap Andreas Arthur.

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar SH dalam sambutannya yang di sampaikan oleh wakil bupati Pdt Petra Yani Rembang pada hari ini (27/10/2021) mengapresiasi usaha pengembangan wisata oleh pihak PLN UPDK Minahasa.

“Selaku pemerintah daerah kabupaten Minsel bersama masyarakat, kita patut bersyukur berbangga karena proses pembuatan akses jalan menuju objek wisata Air Terjun Kulung-kulung telah menjadi etalase dalam hal pemanfaatan faba dan bahkan membuka peluang pemanfaatan faba yang lebih luas lagi”, ungkap Wabup Rembang.

“Banyak manfaat yang bisa kita peroleh, selain bisa memperlancar jalur transportasi bagi wisatawan, Juga merupakan penunjang perekonomian masyarakat sekitar, terlebih mewujudkan kemandirian ekonomi melalui sektor agribisnis dan pariwisata sebagai salah satu misi pemerintah kabupaten Minahasa Selatan”, tambah Wabup saat membacakan sambutan bupati Franky Donny Wongkar SH.

“Kesadaran akan bahaya covid19 akan terus kami himbau kepada seluruh masyarakat Minahasa Selatan dengan terus berpatokan pada penerapan protokol kesehatan senantiasa akan terus diterapkan, serta meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap mendukung vaksinasi agar mencapai herd immunity demi kenyamanan kita bersama”, tutup beliau.

Christian Karamoj SE mewakili warga desa Wiau Lapi menyampaikan selamat merayakan Hari Listrik Nasional bagi pimpinan serta pegawai PLN UPDK Minahasa yang hadir pada acara tersebut. (Britmi Tampi)

Komentar