Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi, Wakil Minsel Siap Ke Tingkat Nasional

Daerah, Minsel107 Dilihat

BHARINDOSULUT.COM, MINSEL – Tim penilai Kegiatan lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2022, saat ini telah melakukan tahap penilaian di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), dalam kegiatan Desa Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbuh.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di Desa Wiau Lapi kecamatan Tareran kabupaten Minahasa Selatan tepatnya di kantor desa setempat Kamis, 16 Juni 2022 hari ini.

Hal tersebut, dijelaskan oleh camat Tareran Hizkia Kondoy S.sos selaku kepala wilayah kecamatan hari ini di sela sela kegiatan evaluasi.

Ia mengatakan, saat ini tim penilai dari provinsi Sulut telah melakukan penilaian di desa Wiau Lapi sebagai perwakilan Desa di Kabupaten Minsel.

“Tim penilai ini dipimpin langsung oleh Kadis PMD Provinsi Sulut Bapak DR. Jemmy S.Kumendong MSi, beserta tim ahli dan unsur dari TP PKK provinsi, bersama dengan pengurus TP PKK kabupaten, Metode penilaian sendiri yang pertama, pemeriksaan dokumen dan data yang dikirim ke tim Provinsi, ke 2 presentasi dan wawancara,dan 3 pemeriksaan fisik di lapangan sesuai data dan dokumen yang dikirim ke tim,”terangnya.

Ia juga menambahkan, untuk biaya sebagai konsekuensi kegiatan lomba tersebut, merupakan partisipasi dari Masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes).

“Karena masyarakat dan Pemerintah Desa yang persiapkan mulai dari kebersihan dan keindahan Desa. Kemudian Pemerintah Desa juga yang menyiapkan semua dokumen dan data yang dibutuhkan, ”imbuhnya.

Pemerintah kabupaten Minahasa Selatan yang diwakili oleh Sekretaris daerah Glady NL Kawatu mengapresiasi keseriusan dari pemerintah desa Wiau Lapi dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kita patut bersyukur karena kecamatan Tareran khususnya desa Wiau Lapi telah mewakili kabupaten Minahasa Selatan untuk kegiatan evaluasi perkembangan desa tingkat provinsi, atas nama bupati Franky Donny Wongkar SH bersama wakil bupati Pdt Petra Yani Rembang MTh menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk semua yang terlibat dalam kegiatan sampai hari ini, tentu kita berharap semua yang terbaik untuk tanah Minahasa Selatan, semoga apa yang sudah diusahakan sampai saat ini bisa berkenan bagi tim penilai”, sambut beliau.

Christian Karamoy SE selaku pejabat hukum tua desa Wiau Lapi menyambut baik kedatangan tim penilai serta menuai harapan kiranya masyarakat desa bisa mendapatkan hasil terbaik hari ini.

Ketua tim penilai dari provinsi Sulut menjelaskan dalam sambutannya bahwa semoga desa Wiau Lapi akan mendapatkan hasil terbaik.

“Kami akan berusaha seobjektiv menilai, melihat antusiasme Pemerintah kabupaten, kecamatan Tareran maupun warga desa Wiau Lapi, kami berharap hasil terbaik akan tercapai”, jelas DR Jemmy Kumendong.

Mewakili pemerintah kabupaten Minsel Turut hadir Sekdakab Minsel Ibu Glady NL Kawatu SH, Assisten I Pemkab Minsel Drs Benny Lumingkewas, kadis PMD Minsel Ever Poluakan, Kadis PMD Provinsi Sulut Dr. Jemmy Kumendong, MSi dan tim Dr Mutu Mokoginta, Camat Tareran Hizkia Kondoy, kadis pariwisata Minsel Ever Kawalo, pengurus TP PKK kabupaten Minsel Ny. Ivone Tandayu Rarang SE Ketua Bidang II, Ny .Margo Karamoy- Tawas, Ketua Pokja I Ny Frely Suwu -Turangan, Ketua Pokja IV, Ny Merry Lombogia Togas, Angg Pokja III, Ny Prety Wayong Tandayu, Anggota Pokja II, Sri Prop, Ketua Pokja I DR Praisy Sibuk S.Psi, M.psi, Kapus Tareran dr Widya Kumaat, Kapolsek Tareran AKP Anthonius Tumbelaka, para pejabat hukum tua dan perangkat desa se- kecamatan Tareran. (Britmi)

Komentar