Tareran Waspada Bencana, Data Sementara 2 Rumah Rusak Akibat Pohon Tumbang

Daerah, Minsel95 Dilihat

BHARINDOSULUT.COM, Minsel – Terpantau hari ini Selasa (10/01/2023) sekitar pukul 18.00, hujan yang disertai angin kencang terjadi pada hampir seluruh wilayah Sulawesi Utara, tidak terkecuali di wilayah kecamatan Tareran kabupaten Minahasa Selatan.

Tidak tanggung-tanggung, cuaca tersebut mengakibatkan pohon tumbang pada beberapa di jalur jalan masuk Minahasa Selatan arah kabupaten Minahasa menuju wilayah desa Pinamorongan kecamatan Tareran.

Setelah mendapat laporan, pihak pemerintah kecamatan Tareran langsung melakukan koordinasi dengan seluruh hukum tua yang ada di 13 desa agar tetap waspada di posko-posko bencana yang ada di desa masing-masing.

“Untuk peristiwa di wilayah desa Pimorongan, kami mendapat laporan dari pengguna jalan, langsung menghubungi perangkat desa dan hukum tua desa setempat puji Tuhan langsung direspon dengan baik, bersyukur juga pihak terkait TRC BPBD Minsel langsung menurunkan Tim dilapangan”, jelas camat Tareran Hizkia Kondoj,S.Sos kepada wartawan.

Kejadian yang sama berlanjut di wilayah desa Wuwuk dan Rumoong Atas Dua serta desa Lansot dan Lansot Timur. Kesigapan aparat desa bersama dengan hukum tua diuji ditengah situasi kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Menurut data di lapangan, korban materiil tercatat ada 2 rumah warga desa Tumaluntung yang tertimpa pohon tumbang.

Saksi dilokasi kejadian menjelaskan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 – 19.00.

“Saya tidak melihat pasti untuk waktu jam kejadian karena posisi tidak ada aliran listrik, para korban saat ini sementara mengungsi di rumah saya, dan sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat, bantuan sementara diusahakan secepatnya”, ucap Pak Longdong warga Tumaluntung Satu.

Tim TRC BPBD Minsel dan Pemdes Pinamorongan saat melakukan sterilisasi jalur transportasi

Kejadian didesa Tumaluntung sudah berkoordinasi antara pemerintah kecamatan Tareran, bersama Pemerintah Desa Tumaluntung serta BPBD Minsel untuk secepatnya menyalurkan bantuan buat keluarga yang tertimpa bencana alam.

Terpantau data sementara sampai pukul 23.00 (10/01) korban rumah yang tertimpa pohon didesa Tumaluntung kecamatan Tareran ada 3 keluarga yakni Ady Lumi Sendow, Keluarga Tendean Tumbel ibu Nontje Sendow dan keluarga Mundung Sendow. Bantuan yang dibutuhkan adalah perlengkapan tidur, makanan bayi, makanan siap saji, obat – obatan, pakaian dan lain-lain.

Camat Tareran Hizkia Kondoj menyampaikan himbauan sebagai berikut:

Disampaikan Kepada Hukum Tua Sekdes se Kecamatan Tareran Agar :

1. Lebih Giat Memantau Situasi Wilayah Akibat Bencana Alam

2. Menghimbau Warga Masyarakat Lebih Waspada Terhadap Fenomena Alam Akibat Hujan Angin.

3. Pemerintah Desa Besok Pagi Membersihkan Sampah dan timbunan Matrial Akibat Dampak Bencana Alam.

4. Pihak BPBD Minsel Akan Melaksanakan Giat Penyerahan Bantuan Besok Hari di Desa Tumaluntung.

Sekretaris kecamatan untuk berkoordinasi dengan Pihak BPBD dan Hukum Tua Tumuntung. Demikian Untuk di Laksanakan. Jelas Camat Hizkia Kondoj.

(Britmi)

Komentar