Arie Toloh : Minsel Kabupaten Terdepan Dalam Mencetak Guru Penggerak

Daerah, Minsel, Pendidikan146 Dilihat

Bharindosulut.com, Minsel – Arie Toloh SE, Selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Utara Cabang Mitra – Minsel menyampaikan rasa bangganya karena Minsel merupakan Kabupaten terdepan dalam mencetak Guru Penggerak, disampaikan beliau saat ditemui pada acara pengukuhan Guru Penggerak oleh Bupati Minahasa Selatan Bapak Franky Donny Wongkar SH,

Menurutnya, Program pengukuhan Guru Penggerak, Minsel merupakan Kabupaten pertama yang menyelenggarakan acara tersebut di antara banyaknya Kabupaten di Sulawesi Utara ini.

Sekali lagi Minsel tampil sebagai yang terdepan dalam memfasilitasi Program Merdeka Belajar.

”Saya pribadi juga selaku Kepala Cabang Dinas Propinsi, sangat mengapresiasi usaha dan kinerja Bupati Minahasa Selatan saat ini. Beliau sangat peduli dengan masa depan Pendidikan generasi muda di kabupaten ini…Ucap KaCabDin Propinsi Sulawesi Utara yang membawahi Kabupaten Mitra – Minsel.

Mudah mudahan kedepan Kabupaten Mitra juga akan menyelenggarakan acara seperti ini untuk menunjang Program ” Merdeka Belajar ” yang telah di canangkan oleh Pemerintah Pusat di seluruh negeri.

Tujuan di kukuhkannya Guru Penggerak oleh Pemerintah Pusat adalah untuk mempercepat transformasi Pendidikan Modern yang dulunya masih menggunakan cara cara Konvensional ke depan akan beralih ke sistem Digital.

”Minsel so lebeh maju dalam mempercepat sistem Pendidikan modern”, ucapnya dengan bangga.

Apa sih yang di maksud dengan Merdeka Belajar, tanya nya kemudian dijawab sendiri. Merdeka Belajar itu adalah suatu sistem yang dalam prakteknya lebih mengarah kepada melihat bakat siswa itu sendiri dan kemudian menuntun agar siswa tersebut lebih fokus untuk mendalami bakatnya agar di kemudian hari akan menjadi skill khusus siswa itu sendiri.

Contohnya adalah , siswa tersebut gemar belajar Bahasa Inggris, maka siswa tersebut akan di tuntun oleh Guru Penggerak agar lebih fokus memperdalam bakat tersebut dengan bebas. dan masih banyak lagi contoh contoh yang bisa mengarahkan siswa agar mata pelajaran favoritnya nanti akan jadi profesi dia di kemudian hari.

Untuk itu dibutuhkan Guru Penggerak yang sudah di Didik dan di latih ( Diklat ) agar dapat menjadi mentor bagi siswa siswa tersebut, dan nantinya akan menjadi mentor juga kepada Guru yang lain.

Lihat bagaimana sistem Pendidikan di Eropa, mereka sudah maju karena menerapkan sistem ini sejak anak usia dini. Hampir pola pikir cara kerja mereka setingkat di atas kita.

Makanya Pemerintah melalui Program Merdeka Belajar ini berusaha agar anak anak kita tidak ketinggalan dari negara lain, pemerintah berusaha mencetak guru Penggerak agar menjadi transformator menuju Pendidikan modern pungkasnya.

(Britmi)

Komentar