Kanwil Kemenkumham Sulut Gelar Diseminasi Layanan Kewarganegaraan di Kota Bitung   

Bitung101 Dilihat

BHARINDOSULUT.COM, Bitung – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara (Kanwil Kemenkumham Sulut) menggelar Diseminasi Layanan Kewarganegaraan di wilayah Kota Bitung, bertempat di Fave Hotel Bitung, Kamis (09/06/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Walikota Bitung, Maurits Mantiri dan diikuti peserta yang berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bitung, Perwakilan Kecamatan dan Kelurahan se Kota Bitung.

Hadir pula Kepala Divisi Palayanan Hukum dan HAM, Rudy Hendra Pakpahan, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Aswan Idrak dan jajarannya. Pada kegiatan tersebut dilakukan pula Penandatanganan Kerjasama Bidang Kekayaan Intelektual (KI) antara Kanwil Kemenkumham Sulut dengan Pemerintah Kota Bitung.

Kepala Kantor Wilayah, Haris Sukamto dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Khususnya terkait tata cara memperoleh kewarganegaraan, kehilangan, pembatalan dan memperoleh kembali Kewarganegaraan RI.

“Diseminasi ini juga akan memberikan pencerahan bagi para WNI yang menikah dengan WNA mengenai status kewarganegaraan anaknya, termasuk hak dan kewajibannya”, ujar Haris.

Lebih lanjut, Haris berharap dari kerjasama dibidang Kekayaan Intelektual yang telah dilaksanakan dapat mendorong Pemkot Bitung dalam melakukan pendataan maupun pendaftaran KI didaerah agar terlindungi dan membentengi pengakuan dari pihak lain.

Sebelum membuka kegiatan Walikota Bitung menyampaikan, saat ini Pemkot Bitung sangat mendukung kerjasama tersebut dan akan memfasilitasi masyarakat bitung khususnya UMKM dalam melakukan pendaftaran hak kekayaan intelektualnya, sehingga memiliki perlindungan terhadap hasil karya yang dihasilkan.

“Pemkot Bitung menyambut baik kerjasama ini, dan kami siap membantu Kanwil Kemenkumham Sulut dalam program program dibidang Kekayaan Intelektual Untuk Sulawesi Utara yang lebih maju”, tutup Maurits dalam sambutannya.    **/chriz

Komentar